KURNIAWATI
ENTREPRENEURSHEP
SMK NEGERI 3 PONTIANAK
Mata pelajaran :
kewirausahaan
Kelas : XI PM 1
Nama : KURNIAWATI
Email : kurniawati341@yahoo.com
A.
RESUME
G. Pelanggan sebagai Muara Penjualan
Kepuasan pelanggan adalah penilaian pelanggan terhadap produk atau
pelayanan yang telah memberikan tingkat kenikmatan seperti yang diharapkan.
Kepuasan pelanggan menurut Tse dan Wilton adalah :
1.
Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan
seseorang setelah membandingkan kinerja yang ia rasakan dibandingkan harapan
2.
Kepuasan pelanggan adalah respon pelanggan
terhadap evaluasi ketidak sesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan
kinerja actual produk yang dirasakan setelah pemakaian.
Mengingat begitu pentingnya arti pelanggan bagi perusahaan, maka perlu
kiranya mendidik dan melatih para karyawan, khususnya karyawan yang langsung
berhubungan dengan pelanggan untuk mengutamakan kepuasan pelanggan. Banyak cara
yang dilakukan oleh perusahaan untuk menanamkan dan membentuk sikap positif
terhadap pelanggan, diantaranya adalah dengan terus menerus mengomunikasikan
kepada karyawan tentang harga seorang pelanggan buat perusahaan. Oleh karena
itu, kesalahan sekecl apapun yang mengakibatkan larinya pelanggan ke perusahaan
pesaing merupakan kesalahan besar yang tidak dapat ditoleransi.
1.
Prinsip
Kepuasan Pelanggan
Ada beberapa prinsip atau pedoman untuk bias memberikan kepuasan kepada
pelanggan diantaranya adalah sbg berikut.
a.
Kepuasan pelanggan adlah sesuatu yang penting
b.
Pahamilah harapan pelanggan
c.
Pilihlah pelanggan dengan tepat melalui strategi
segmentasi, kemudian bangun kepuasan pelanggan
d.
Pelajarilah factor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan pelanggan
e.
Pelanggan yang loyal adalah pelanggan yang mau
complain
f.
Beri jaminan kepada pelanggan
g.
Dengarkan lah suara pelanggan
h.
Arti penting karyawan dalam memuaskan pelanggan
i.
Kepemimpinan adalah teladan dalam kepuasan
pelanggan
2.
Factor-faktor
yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
Kepuasan pelanggan ditentukan oleh penilaian pelanggan terhadap produk
atau jasa dalam memenuhi harapannya. Factor yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan pelanggan, yaitu sebagai berikut :
a.
Kualitas
produk
Pembelian akan puas bila membeli dan menggunakan produk yang memiliki
kualitas baik. Misalnya, pelanggan akan puas terhadap terhadap sepatu yang
dibeli bila sepatu tersebut enak atau nyaman dipakai, awet atau tidak cepat
rusak, aman, dan desain nya menawan.
b.
Harga
Komponen harga sangat penting untuk membrikan sumbangan terhadap kepuasan
pelanggan. Produk yang berkualitas ditunjang dengan harga yang terjangkau akan
menjadi sumber kepuasan yang penting.
c.
Kualitas
pelayanan
Ditengah persaingan yang sangat ketat, banyak perusahaan yang lebi mengandalkan
kualitas pelayanan. Karena kepuasan terhadap kualitas pelayanan biasanya sulit
ditiru, sehingga bisa menjadi andalan dan keunggulan suatu perusahaan.
d.
Factor
emosional
Rasa bangga, rasa percaya diri, dan symbol sukses adalah contoh-contoh emotional value yang mendasari kepuasan
pelanggan. Factor ini ditujukan untuk pelanggan yang menggunakan beberapa
produk yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti mobil, asesoris, kosmetik,
busana dan sebagainya.
e.
Factor
kemudahan
Pelanggan akan semakin puas apabila dalam mendapatkan produk atau
pelayanan relative mudah, nyaman dan efisien, serta terhindar dari antrian
panjang dan melelahkan.
Dari lima factor tersebut diatas, masing-masing mempunyai bobot
tersendiri dalam menciptakan kepuasan pelanggan, sesuai dengan bidang usaha apa
yang digeluti.
Biasanya bobot masing-masing factor bisa dketahui dari survey pasar.
Mengingat betapa pentingnya pelanggan bagi perusahaan, maka perlu kiranya
melatih dan mendidik para karyawan terutama karyawan yang berhubungan langsung
dengan pelanggan yang lebih mengutamakan kepuasan pelanggan. Untuk mewujudkan
terciptanya kepuasan pelanggan dapat dilakukan tindakan sebagai berikut :
a.
Memberikan salam dan ucapan terima kasih kepada
pelanggan
b.
Berpenampilan serasi dan selalu menghargai
pelanggan
c.
Memberikan kesan bersahabat (semanak) terhadap
pelanggan
d.
Sikap ramah terhadap pelanggan
e.
murah senyum dan mudah bergaul dengan pelanggan
f.
sopan-santun dan penuh perhatian kepada
pelanggan
g.
memperhatikan setiap kebutuhan pelanggan
proses pelayanan dalam
memuaskan pelanggan adalah sebagai berikut : a. mendorong
minat pelanggan mau menggunakan atau memilih barang atau jasa b.
mendorong agar pelanggan mau menggunakan atau memilih barang atau jasa c.
memberikan perhatian penuh pada pelanggan d.
memotivasi pelanggan agar mau membeli barang atau jasa buatan perusahaan
kepuasan pelanggan perlu diutamakan dalam
dunia usaha atau bisnis, agar : a.
mereka menjadi pelanggan yang loyal kepada perusahaan. b.
mau membeli barang atau jasa c.
mereka menjadi mitra utama dalam mengembangkan bisnis d.
barang dan jasa tetap mempunyai pasar yang baik e.
mampu memenangkan persaingan dalam pasar f.
dapat dijadikan benteng dalam persaingan bisnis
metode-metode yang bisa digunakan
mengukur tingkat kepuasan pelanggan adalah sebagai berikut:
a. system keluhan dan saran
system ini bisa menggunakan cara formulir isian, kuesioner, uji sampel
secara langsung dengan cara Tanya jawab pelanggan, e-mail, facsimile, telepon, dan situs jejaringan social seperti facebook,twitter, my space,dan lain
sebagainya.
b. survey kepuasan pelanggan secara berkala system keluhan dan saran tidak bisa
mencerminkan secara tepat dan akurat apabila hanya sekali dilakukan. Oleh
karena itu perlu dilakukan lebih dari satu kali survey agar diperoleh tingkat
keakuratan yang lebih baik. Kelemahan system keluhan dan saran adalah belum
mencerminkan kebenaran dari hati pelanggan karena pelanggan terkadang
mengisinya terburu-buru atau hanya ingin mendapatkan hadiah.
c. Ghose shopping atau mystery
shopper cara lain untuk mendapatkan gambaran yang
lebih baik mengenai kepuasan pelanggan adalah mempekerjakan orang untuk
berpura-pura menjadi pembeli. Orang in akan melaporkan ha-hal positif (kekuatan)
dan negative (kelemahan) dari pelayanan serta manfaat dari sebuah produk.
H. Meningkatkan Pelayanan ke Level Prima
pelayanan prima adalah pelayanan
sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada pelanggan.
Pelayanan prima merupakan pelayanan yang berorientasi pada pemenuhan tuntutan
pelanggan mengenai kualitas produk (barang atau jasa) sebaik-baiknya. Melalui
pelayanan prima, perusahaan dapat menarik pelanggan baru dan perusahaan dapat
mempertahankan pelanggan lama. Untuk menunjang pelayanan
prima, telah dikembangkan konsep total
quality management (TQM), yaitu system manajemen yang melibatkan semua
manajemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas proses
organisasi agar kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan
Pelayanan prima dikembangkan
berdasarkan A3, yaitu attitude (sikap),
attention (perhatian), dan action
(tindakan).
1.
Konsep
Attitude (Sikap)
Calon pembeli atau pelanggan selalu mengharapkan sikap dan perilaku yang
baik dan menyenangkan dari pelayanan atau petugas yang ada ditoko atau
perusahaan sehingga kepuasan pembeli terpenuhi serta kemungkinan besar
pengalaman nya disampaikan kepada orang lain, yang akhirnya menjadi promosi
gratis bagi perusahaan. pelayanan berdasarkan attitude (sikap) terdiri dari beberapa bentuk, antara lain seperti
berikut ini.
a.
Pelayanan
pelanggan dengan penampilan serasi
Hal-hal yang dapat mendukung penampilan serasi
1). Penempilan serasi dengan cara berhias
2). Penampilan serasi dengan cara berbusana
3). Penampilan serasi dengan ekspresi wajah
b. pelayanan
dengan berpikir positif cara berpikir positif dalam melayani
pembeli 1. Tidak mencari atau memanfaatkan
kelenaan calon pembeli 2. Tidak bersikap apriori terhadap
pembeli 3. Melayani pembeli secara terhormat
c. pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai 1. Tutur bahasa baik, disertai senyum
ramah 2. Sikap sopan santun 3. Melayani dengan memuaskan 4. Mendengarkan saran, pendapat, dan
kritikan pembeli 5. Mendengar dan mencatat setiap pesanan
pembeli 6. Mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan
pembeli 7. Bersikap konsisten dalam melayani
pembeli
2. Konsep Attention
apabila calon pembeli atau
pelanggan menunjukkan minat terhadap suatu barang atau jasa, maka dilakukan
kosep attention. Untuk dapat
menimbulkan keinginan dari calon pembeli, penjual dapat memberikan perhatian
kepadanya dengan cara mengadakan komunikasi yang diarahkan kepada pembelian
produk atau jasa. Bentuk-bentuk
pelayanan berdasarkan konsep attention adalah
sebagai berikut : a. mendengarkan dan memahami kebutuhan
pelanggan 1.
Mendengarkan tutur kata pembelian mengenai kebutuhannya 2. Mencatat dengan cermat yang dibutuhkan
pembeli
3. Berusaha memahami semua kebutuhan pembeli
4. Berusaha mewujudkan kebutuhan pembeli dangan cepat.
b.
mengamati
perilaku pelanggan ketika sedang mendengarkan dan memahami
kebutuhan pelanggan, penjual harus
mengadakan pengamatan terhadap
segala perilaku pelanggan dalam hal berikut,
1.
Body
language
2.
Body
movement
3.
Motive pembeli
4.
Watak-watak pembeli
c.
Mencurah
kan perhatian penuh pada pelanggan
1.
Mendengarkan dan mencatat kebutuhan pembeli
2.
Menjelaskan kembali setiap pesanan
3.
Memberikan dan mengajukan saran dan perhatian
penuh kepada pembeli
4.
Menghargai setiap pendapat dan saran yang di
ajukan pembeli
5.
Memenuhi kebutuhan pelanggan akan barang dan
jasa yang dipesannya.
3.konsep Action
Pelayanan prima dalam menghadapi pembeli cukup hanya berdasar konsep
sikap dan perhatian saja, tetapi harus diikuti oleh kosep tindakan. bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep
tindakan adalah sebagai beikut :
a.
Pencatat pesanan pelanggan
Fungsi dari pencatatan pesanan adalah sebagai berikut
1.
Memberikan kemudahan kepada pembeli atau
pelanggan
2.
Mempercepat pelayanan
3.
Menghindari kesalahan sekecil mungkin
4.
Kemudahan dalam pencarian dan pengambilan barang
b.
Pencatatan kemudahan pelanggan
Untuk memberikan pelayanan yang baik, sebaiknya pelayanan atau penjual
mendengarkan dan memahami kebutuhan para pelanggan dan membuat daftar kebutuhan
dengan mengelompokkan sesuai dengan kegunaan, merek, ukuran, dan jenis pesanan.
c.
Penegasan kembali kebutuha pelanggan
1.
Barang yang telah dicatat, ditegaskan kembali
agar tidak terjadi kesalahan pelayanan
2.
Menanyakan penggunaan alat pembungkusan barang
3.
Menanyakan cara pengiriman barang yang
dikehendakipembeli
4.
Menegaskan cara pembayaran (cash, kredit, dengan
cek).
d.
Mewujudkan kebutuhan pelanggan
e.
Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan
kembali
Pernyataan terima kasih adalah sikap positif dari penjual agar pembeli
atau pelanggan merasa lebih diperhatikan dan diharapkan kembali kehadirannya.
Hal-hal yang dapat dilakukan, dengan harapan pelanggan kembali untuk
membeli barang atau jasa di antaranya adalah sebagai berikut :
1.
Pernyataan terima kasih kepada setiap pelanggan
2.
Pemberian bonus kepada pelanggan yang membeli
dalam jumlah besar
3.
Pemberian potongan harga
4.
Pemberian hadiah pada waktu-waktu tertentu
kepada pelanggan.
B.
SOAL PG
(Pilihan Ganda)
1.
Penilaian
pelanggan terhadap produk atau pelayanan yang telah memberikan tingkat
kenikmatan seperti yang diharapkan, merupakan pengertian dari …
a.
Kepuasan
pelanggan d. sasaran
promosi
b.
Promosi
perdagangan e. attention
c.
Desire
2.
Dibawah
ini adalah yang termasuk dalam prnsip kepuasan pelanggan, kecuali ….
a.
Pahamilah
kepuasan pelanggan d.
kualitas pelayanan
b.
Beri
jaminan kapada pelanggan e.
kepuasan pelanggn adalahsesuatu yg pentig
c.
Dengarkan
lah suara pelanggan
3.
Dibawah
ini yang bukan termasuk dalam factor-faktor yg mempengaruhi kepuasan pelanggan
adalah ….
a.
Kualitas
produk d.
kualitas pelayanan
b.
Beri
jaminan kepada pelanggan e.
factor emosional
c.
Harga
4.
Ditengah
persaingan yang sangat ketat, banyak perusahaan yang lebih mengandalkan
kualitas pelayanan, pernyataan di atas termasuk dlm pengertian …..
a.
Harga d.
factor emosional
b.
Kualitas
produk e.
factor kemudahan
c.
Kualitas
pelayanan
5.
Dibawah
ini adalah untuk mewujudkan terciptanya kepuasan pelanggan dapat dilakukan
tindakan sebagai berikut, kecuali …
a.
Berpenampilan
serasi dan selalu menghargai pelanggan
b.
Memberikan
kesan bersahabat (semanak) terhadap pelanggan
c.
Bersikap
ramah terhadap pelanggan
d.
Murah
senyum dan mudah bergaul
e.
Pemberian
potongan harga
6.
Dibawah
ini adalah proses pelayanan yang memuaskan pelanggan, adalah ….
a.
Mau
membeli barang atau jasa
b.
Mendorong
minat pelanggan mau menggunakan atau memilih barang atau jasa
c.
Mendorong agar pelanggan mau menggunakan atau
memilih barang atau jasa
d.
Memberikan
perhatian penuh pada pelanggan
e.
Memotivasi
pelanggan agar mau membeli barang atau jasa buatan perusahaan
7.
Ada
berapakah pelayanan prima yang dikembangkan …..
a.
10 c.
3 e.
6
b.
15 d.
5
8.
Pelayanan
prima dalam menghadapi pembeli tidak cukup hanya berdasarkan konsep sikap dan
perhatian saja, tetapi harus di ikuti oleh konsep tindakan, pernyataan di atas
merupakan pngertian dari ….
a.
Konsep
attention c.
kepuasan pelanggan e.
negosiasi
b.
Konsep
attitude d.
konsep action
9.
Salah
satu meode-metode yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan
adalah …..
a.
Survey
kepuasan pelanggan secara berkala
b.
Memperhatikan
setiap kebutuhan pelanggan
c.
Memberikan
perhatian penuh pada pelanggan
d.
Mau
membeli barang atau jasa
e.
Dapat
dijadikan benteng dalam persaingan bisnis
10.
Salah
satu pelayanan pelanggan dengan sikap menghargai adalah …
a.
Memperhatikan
setiap kebutuhan pelanggan
b.
Melayani
dengan memuaskan
c.
Kualitas
pelayanan
d.
Kualitas
produk
e.
Factor
kemudahan
11.
Ada
berapakah factor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan….
a.
10 c. 5 e. 7
b.
6 d. 4
12.
Berikut
ni adalah bentuk-bentuk pelayanan berdasarkan konsep tindakan, kecal ..
a.
Pencatatan
pesanan pelanggan
b.
Pencatatan
kebutuhan pelanggan
c.
Penegasan
kembali kebutuhan pelanggan
d.
Memberikan
potongan harga
e.
Mewujudkan
kebutuhan pelanggan
13.
Berkut
ini adalah salah satu penegasan kembali kebutuhan pelanggan adalah …
a.
Menegaskan
cara pembayaran (cash,kredit dengan cek)
b.
Pemberian
potongan harga
c.
Pemberian
bonus
d.
Berusaha
memahami semua kebutuhan pembeli
e.
Melayani
dengan memuaskan
14.
Dibawah
ini adalah pengamatan terhadap segala perilaku pelanggan, kecuali …
a.
Body
language
b.
Body
movement
c.
Motive
pembelian
d.
Watak-watak
pembelian
e.
Melayani
pembeli secara terhormat
15.
Mencurahkan
perhatian penuh kepada pelanggan termasuk….
a.
Attitude c. service e. costumer
b.
Attention d. action
KUNCI JAWABAN :
1. A 6. A 11.
C
2. D 7. C 12.
D
3. B 8. D 13.
A
4. C 9. A 14.
E
5. E 10. B 15.
B
ESSAY :
1.
Apa
yang dimaksud dengan konsep attitude….?
Jawab: calon pembeli atau
pelanggan selalu mengharapkan sikap dan perilaku yang baik dan menyenangkan
dari pelayanan atau petugas yang ada ditoko ata perusahaan sehingga kepuasan
pembeli terpenuhi serta kemungkinan besar pengalamannya disampaika kepada orang
lain, yang akhirnya menjadi promosi gratis bagi perusahaan.
2.
Apa
yang dimaksud dengan konsep action….?
Jawab: pelayanan prima dalam
menghadapi pembeli tidak cukup hanya berdasarkan konsep sikap dan perhatian
saja, tetpi harus diikuti oleh konsep tindakan.
3.
Sebutkan
bagaimana mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan…?
Jawab: 1. Mendengarkan dan
mencatat kebutuhan pembeli
2.menjelaskan kembali setiap pesanan
3. memberika dan mengajukan saran dan
perhatian penuh pada pembeli
4. menghargai setiap pendapat dan saran
yang diajukan pembeli
5. memenuhi kkebutuhan pelanggan akan
barang dan jasa yang dipesan nya.
4.
Sebutkan
factor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan…?
Jawab: a. kualitas pelanggan
b.harga
c. kualitas pelayanan
d. factor emosional
e. factor kemudahan
5.
Apa
yang dimaksud dengan pelayanan prima….?
Jawab: pelayanan prma adalah pelayanan yang
sebaik-baiknya kepada pelanggan sehingga dapat menimbulkan rasa puas pada
pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar